Archery War Game Namanya

imageWeekend itu bukan berarti berhenti dari segala aktivitas. Berdiam diri diatas kasur ditemani oleh kipas kadang memang jadi pilihan yang pas. Namun perlu diingat kawan, waktu kita terbatas. Maka dari itu, jangan biarkan ia berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berkelas (maksa 😁)

Terlepas dari itu, hari ini saya menemukan sesuatu yang baru. Kalau biasanya panahan sebagai ajang latihan atau olahraga, kali ini berbeda. Konsepnya mirip-mirip dengan paintball (perang senjata dengan peluru karet) yang biasanya dimainkan di outdoor.

Walaupun baru pertama kali, tapi udah excited banget. Archery War Game namanya. Dilengkapi busur dan anak panah yang ujungnya dikasih bumper karet, serta dilingkapi dengan masker penutup muka permainan ini dilakukan oleh dua tim yang berjumlah 3-5orang setiap timnya.

Aturannya simpel, boleh menembak lawan langsung atau target sasarannya yang jadi incaran. Siapa yang duluan berhasil menjebol target panahan lawan dia lah pemenangnya. Tapi ini bukan soal menang kalah. Terlalu banyak ternyata manfaatnya dari game ini kalau kita mau merenungkan.

Menurut ensiklopedia (yang gw baca sekilas), memanah sudah ada sejak 5000 tahun silam. Pada awalnya, alat ini digunakan untuk memburu hewan liar. Hingga kemudian berkembang untuk berperang, dan sekarang menjadi olahraga ketepatan.

Siapa yang tahu, ternyata olahraga anjuran Nabi ini banyak manfaatnya. “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim). Oke coba kita telisik lebih dalam tentang memanah.

Pertama, Memanah itu Melatih Amarah. Selain harus sabar, sikap tenang dan gak terburu-buru mutlak diperlukan dalam olahraga ini. (Cocok banget buat gw yang masih suka terburu2 πŸ˜…) apalagi dalam Archery War Game ini. Lengah sedikit “Mati’ lah kita kena tembak.

Kedua, perlu kedisiplinan dan ketepatan ketika ingin menembak lawan atau sasaran. Game ini juga membutuhkan insting yang tajam untuk menghindar dari serangan lawan.

Terakhir, game ini juga menitikberatkan pada keseimbangan tubuh. Pada saat melenturkan anak panah dibusurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik. Olahraga ini juga dapat membangun fokus dan kosentrasi dalam menyemai tanggung jawab dan keyakinan diri.

Orang yang memiliki karakter pribadi seperti ini, inshaAllah akan mudah melewati rintangan dalam hidupnya. Trust me, it’s work hehe.

Robby Adhitya,
Gor Madya Sempaja Samarinda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s